Jumat, Agustus 14, 2009

Apa itu Gravitasi?

Gravitasi adalah gaya tarik-menarik. Sederhana! Gaya ini dihasilkan oleh tiap benda di jagat raya. Meskipun tidak terlihat, dan tidak kita rasakan, namun di antara benda-benda yang ada di sekitar kita terdapat gaya tarik-menarik. Karena dihasilkan dari setiap materi, maka gravitasi juga disebut sebagai gaya universal.

Besarnya gravitasi berbanding lurus dengan massa dua benda yang terlibat dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak dua benda tersebut. Berarti, semakin besar massa dan semakin kecil jarak, maka gaya gravitasi yang dihasilkan juga semakin besar.


Lalu, mengapa kita tidak bisa merasakan gravitasi dengan objek lain di sekitar kita? Ingat bahwa kita juga berada dalam gaya gravitasi bumi. Massa bumi berkali-kali lipat lebih besar dibanding massa kita dan massa benda lain yang ada di bumi. Begitu besarnya pengaruh gravitasi bumi terhadap tubuh kita, sehingga kita tidak merasakan gaya-gaya lain di sekitar kita yang tentunya jauh lebih lemah. Gravitasi yang paling kita rasakan pengaruhnya adalah gravitasi bumi. Tanpanya, kaki kita tidak akan menjejak ke tanah, tidak akan ada udara di atmosfer bumi dan air akan melayang-layang sampai akhirnya menguap.

http://startswithabang.com

Sejak pertama kali ditemukan, hingga saat ini keberadaan gravitasi masih menjadi misteri terutama bagi para ilmuwan yang meneliti gaya ini. Mengapa kita percaya bahwa di antara dua benda terdapat gaya tarik-menarik yang tidak terlihat dan tidak kita rasakan? Setidaknya ada 3 ilmuwan dari sebelum masehi hingga abad ke-20 yang telah berusaha merumuskan teori untuk menjelaskan dengan tepat fenomena gravitasi yang ada di jagat raya ini. Check out on ilmuwan gravitasi.

1 komentar: